Senin, 10 Januari 2011

Dari Barca untuk Yang Terbaik di Dunia



Jakarta - Lionel Messi, Xavi Hernandez atau Andres Iniesta? Pilihan yang relatif sulit memang. Tapi, mau tak mau hanya akan ada satu di antara tiga rekan setim itu yang akan menjadi Pemain Terbaik Dunia.

Sulit karena baik Messi, Xavi atau Iniesta punya kualitasnya masing-masing. Tanyakan hal ini pada fans Barcelona, maka bisa jadi mereka akan pusing untuk memilih siapa yang berhak menjadi yang terbaik di antara ketiganya.

Messi adalah peraih gelar Ballon d'Or dan Pemain Terbaik Dunia 2009, dan ia masih menjadi salah satu pemain dengan permainan konsisten di atas lapangan. Tak ada yang meragukan skill-nya. Operan, gocekan, hingga penyelesaian akhirnya terbilang kelas satu.

Sementara Xavi disebut-sebut sebagai kunci kesuksesan Barca (dan juga Spanyol) yang tak sekasat mata Messi. Tapi mereka yang jeli mengatakan bahwa gelandang ini adalah motor utamanya. Tanpa visi dan passing Xavi tak akan ada permainan indah di Barcelona.

Bagaimana dengan Iniesta? Bisa dibilang dia adalah tandem sehati Xavi di lini tengah. Operan satu-dua keduanya sampai mendunia lewat timnas Spanyol. Tapi Iniesta punya satu nilai plus: dia adalah pahlawan La Furia Roja pada Piala Dunia lalu.

Siapa pun yang terpilih, Barcelona memang pantas tersenyum melihat tiga orang pemainnya berurutan menjadi tiga yang terbaik di dunia.

Namun, tetap saja ada kritik. Kritik itu berupa seorang gelandang Inter Milan bernama Wesley Sneijder.

Sneijder adalah aktor di balik munculnya La Beneamata sebagai peraih treble winner musim lalu. Penampilan impresifnya bersama Inter membuat beberapa pengamat menilainya pantas dinominasikan menjadi Pemain Terbaik Dunia. Sayang, masuk tiga besar pun dia tidak.

"Sangat tak adil melihat pemain Inter itu tak ada dalam daftar tiga terbaik," ujar Presiden UEFA Michel Platini.

Pemilihan FIFA Ballon d'Or akan dilakukan Senin (10/1/2010) di Zurich, Swiss. Sejak perhelatan tahun ini, penghargaan Ballon d'Or (Pemain Terbaik Eropa) dan FIFA World Player of The Year (Pemain Terbaik Dunia) digabung sehingga namanya pun berubah menjadi FIFA Ballon d'Or.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.